Sepatu Emas Eropa, Cavani dan Kane Berada di Depan Messi

Persaingan perebutan Sepatu Emas Eropa 2017-2018 semakin sengit. Striker Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani, dan Harry Kane dari Tottenham Hotspur menjadi kuda pacu terdepan.

Cavani semakin kokoh di pucuk daftar top scorer Liga Perancis 2017-2018 seusai mencetak satu gol ke gawang Montpellier pada partai pekan ke-23, Sabtu (27/1/2018). Ujung tombak kebangsaan Uruguay itu menempati peringkat teratas dengan koleksi 21 gol dari 22 penampilan.

Dengan demikian pula, Cavani kini memimpin klasemen calon penerima Sepatu Emas Eropa musim ini dengan mengantongi 42 poin. Dia menyamai perolehan poin Harry Kane.

Sementara itu, Lionel Messi masih belum bergerak dari posisi keempat. Sang superstar FC Barcelona itu mengemas 40 poin dari hasil mencetak 20 gol.

Jonas sebenarnya punya koleksi gol lebih banyak dibanding Cavani, Kane, dan Messi (24). Akan tetapi, bintang Benfica itu cuma mendapat poin 36 lantaran koefisien di Liga Portugal adalah 1,5.

Poin didapat dari hasil kali jumlah gol dan koefisien pengali dari kualitas liga. Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Inggris, Liga Jerman, dan Liga Perancis memiliki koefisien perkalian 2,0.

Adapun liga lain, seperti Liga Portugal, Liga Belanda, dan Liga Turki, punya koefisien perkalian 1,5.